Subscribe Us

header ads

PERISTIWA PERANG DUNIA I

            Perang dunia I atau sering disebut PDI merupakan salah satu sejarah peperangan yang cukup dramatis. Karena dalam pertempuran dan peperangan tersebut mangakibatkan tawasnya lebh darii 40 juta korban baik  ituu dari kalangan sipil ataupun militer.Perang dunia ini berlangsung selama 4 tahun yaitu dari tahun 1914-1918.
            Penyebab utama meledaknya peperangan tersebut adalah meningggalnya putra mahkota Australia Hongania (Frans Fandinand) putra mahkota tersebut dibunuh oleh sekelompok anggota teroris Serbia yaitu Gaffilo Principe,pembuunuhan tersebut terjadi di Sarajefo. Menggapa disebut perang dunia I? Karena sebelumnya belum pernah ada pepeeangan dan konflik yang cukup besar baik itu dari jumlah tentara yang dikerakan serta terlibat dalam salah satu peristiwa penting di dunia ini.
            Dalm konfilik tersebut juga menggunakan sinjata kimia untuk pertama kalinya pada hal kita ketahui sandiri penggnaan senjata kimia sangat dilarang di duunia ini.Dalam proses penggunan senjata kimia tersebut memang sungggu dasyat dan luar biasa banyak korban yyang berjatuhan serta hancurnya kota-kota untai di dunia.Ini yang menandai sejarah perang dunia I ini berakhir dengan adanya kesepakatan pendatanganan.
           Peletakan senjata pda tanggal 11 november 1918. Empat dinasti hadir dalm proses pendatanganan.Empat dinasta tetsebut adalah:
·         Dinasti Hasborg
·         Dinasti Romannof
·         Dinasti Hohenzellem   
                Dimana keempat diinasti ini mememiliki kekuasaan hingga nama perang salib. Akan tetapi semuanya hancur dan jatuh setelah perang dunia.Perang dunia I sering juga menjadi tonggak sejarah hancurnya orde lama serta berakhirnya monarki absolutisme Eropa. peristiwa penting tersebut juga memicu terjadinya revormasi di Rusia. Menjadikan pengisperasian banyak negara di dunia untuk melakukan perubahan/revolusi khususnya baagi Hongkong dan Kuba karena an kedua negara tersebut merupakan bbasis dari kedua keluarga besar didunia yaitu: Unisoviet dan Amerika serikat.
           Perang dunia I ini juga merupakan sebagai tonggak munculnnya gerak gerakan Lesio de comba temento. Kedua gerakan tersebut di perkasai tokoh yang di kenal pada masanya yaitu Adolf Hitter dan Benito Mussohini. Gerakan tersebut yang nantinya akan disebabkan periistiwa besar yaitu pada perang dunia II. Pembunuhan Archaduke Franz  Ferdinnad sering dianggap sebagai penyebab atau alas an peperangan terjadi, namun sebernarnya banyak factor penyebab terjadinya perang dunia I. Terutama terletak pada seimbangan politik di Eropa pada masa itu yang menimbulkan persaingan tidak sehat.
              Sehingga kompleksitas persaingan itu membuat Eropa terkotak-kotak negara Eropa membuat kubuh-kubuan (aliansi) yang membuat persaingan makin menajam. Disini kablika berusaha mrangku semua penyebab perang menjaddi 10 penyebab peering dunia I yaiti:
1.      Pertentangan antara negara-negara Eropa khususnya pertentangan inggris- Jerman   terutama masalah industry.
 2.      Persaingan angkatan laut pada masa itu Jerman hebat untuk angkatan daratnya, tetapi lemah diangkatan laut karena jandar bahwa Inggris kuat dalam angkatann autnya, Jerman dengan ambisi menyaingi Inggris rela mengeluarkan dana lebih basar demi memperkuat anggkaan lautnya.
3.      (Iperiatis) prebuutan daerah jajahaan pada masa itu antara negara- negara maju Eropa mungkin hanya Jerman yang belum mempunyai negara jajahan, maka Jerman berusaha merbut daerah kekuasaan atau daerah jajahan negara lain.
 4.      Pertentangan Perancis-Jerman, pertentangan ini diakui oleh jerman yang lebih-lebih mengklaim daerah batasan Perancis (sungai Rhein) sebagai miliknya.Perancis tidak tinggal diam, karena daerah tersebut merupaakan daerah industry. Hingga padaa tahun 1870 terjadilah perang, namun tak disangkah Jerman bisa mmenumbangkan Perancis didalam ang notabene Perancis negra kuat paadaa msaa itu. Sehinggga dibuatnya perjanjian perdamaian (1870) isinya, Perancis arus mnyerahkan