Subscribe Us

header ads

akordion

Menikmati Musik Akordion yang Populer


Meskipun dunia musik mainstream sering kali memindahkan akordion ke status kelas dua, squeezebox sekali lagi masuk ke dalam permainan mereka sendiri. Pembuatan penampilan dalam produksi mulai dari yang dari Cirque du Soleil sampai album dari bintang rock nama atas, aksen akordeon yang unik semakin mendapat perhatian yang pantas.

Meskipun kebanyakan orang dapat membayangkan gambaran mental seorang accordian, banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa jenis akordion yang berbeda, yang dikembangkan selama bertahun-tahun untuk genre musik tertentu. Sebagai instrumen buluh gratis, pembukaan dan penutupan bellow akordeon (atau squeezebox) menyebabkan udara mengalir di atas alang-alang, yang membuat suaranya.

Sebuah akordeon juga memiliki tombol, atau kedua tombol dan keyboard. Ini berfungsi untuk mengarahkan aliran udara ke alang-alang tertentu dan bukan yang lain, sehingga mengendalikan nada yang dimainkan.

Beberapa akordeon memiliki satu deretan tombol; Beberapa memiliki dua baris tombol; dan yang lainnya memiliki tiga baris. Akordeon dengan satu deretan tombol termasuk Hohner Concertina dan the Hohner Ariette. Yang terakhir ini sering digunakan untuk bermain musik rakyat Cajun, Quebec, Zydeco, dan Irlandia. Tombol-tombol ini biasanya memainkan skala diatonis, dengan masing-masing tombol dapat memutar dua nada: satu saat bellow diperas dan lainnya saat disebarkan.

Kesesuaian dengan satu baris tombol sering disetel untuk jenis musik yang dimainkan. Misalnya, alang-alang tertentu mungkin diisi untuk menghasilkan suara yang biasanya diasosiasikan dengan musik Cajun. Hohner Ariette, misalnya, memiliki sepuluh tombol treble, dua tombol bass, empat set buluh treble, dan tiga set alang-alang bass.

Sebuah akordeon tombol dua baris biasanya memiliki 21 tombol treble, delapan tombol bass / chord, dan dua set buluh treble. Kesesuaian semacam itu tersedia dalam kombinasi kunci seperti GC, AD, CF, dan DG. Sebuah akordeon tiga baris, seperti Hohner Corona, memiliki 31 tombol treble dan dua set buluh treble. Baris ketiga kunci berarti kombinasi tombol berbeda dari akordeon dua tombol, dan mungkin juga, misalnya, GCF, FBbEb, EAD, dan ADG seperti dalam lirik lagu top.

Akordeon piano adalah instrumen kromatik sepenuhnya dengan sejumlah tombol piano yang bervariasi, tergantung pada ukuran instrumennya. Dari akordeon piano standar Gola emas ke akordeon piano Hohnica untuk anggaran berpikiran, benar-benar ada akordeon piano untuk semua orang.

Salah satu aspek akordion yang paling indah adalah bahwa mereka tidak dapat diproduksi secara massal dan dirakit. Seperti alat musik bagus lainnya, komponen buatan tangan (dalam kasus akordeon, terutama alang-alang) adalah apa yang memberi instrumen dengan suara yang unik - bandingkan dengan treviral. Tidak ada keraguan bahwa accordian telah melakukan perjalanan jauh dari penggunaan stereotipnya sebagai alat untuk polka. Dari Cajun dan Zydeco hingga Klezmer dan musik Klasik, dari Lawrence Welk sampai Sheryl Crow, akordion ada di sini untuk tinggal.